Di sini juga melayani pemesanan Bubuk Kulit Manggis. Order di 0857 3618 7376.

Halaman

Sabtu, 25 Mei 2013

Tidak Bisa Login Di Blogspot?

Tidak Bisa Login di Blogspot?. Bagi anda yang baru belajar blogspot, pernahkah anda mengalami masalah, tidak bisa login di blogspot? Tidak bisa login di sini, maksudnya, tidak bisa masuk ke dashboard lewat fasilitas/fitur login (masuk) yang biasanya ada di window kanan atas blogspot. Hal ini terjadi, karena memang login (pintu masuk) tidak ada di window blogspot kita.  Ataupun, sebenarnya kita bisa login/masuk, kita sudah merasa mengetik akun email dan passwordnya dengan benar, tapi ternyata dashboar ndak kebuka juga?

Permasalahan di atas pernah saya alami sendiri. Sejak saya buat blog pada tahun 2010, 2 tahun blog itu hanya berisi satu postingan “Selamat Datang di Blog Saya”,,, hehehe. Setelah buat blog pertama saya, saya terus bingung, ni blog mau diisi apa ya? Pembuatan blog waktu itu sebagai praktek atas salah satu ebook yang saya dapat dari keanggotaan sebuah website bisnis yang saya ikuti. Setelah mempunyai blog, blog itu ternyata jarang dikunjungi bahkan oleh pemiliknya sendiri.

Blog itu baru saya tambah beberapa postingan ketika saya mendaftar sebagai affiliate dari Amazon.com bulan April 2011. Dan semua postingan itu bukan tulisan saya, saya copi paste, tetapi tetap menyertakan sumber/penulis aslinya.Sejak pembuatan sampai dengan 2 tahun berikutnya, saya selalu membuka blog tersebut dengan cara mengetikkan URL di kotak address. Dan jika sekedar ingin melihat “dalamnya” saya login lewat fitur login/masuk di jendela atas sebelah kanan.   

Beberapa waktu lalu, iseng-iseng saya coba mengganti theme-nya. Setelah selesai, tulisan “masuk” atau “buat blog” tidak saya dapati di tampilan blog baru saya tersebut. Tentu saja saya bingung. Lantas saya browsing, tentang bagaimana cara masuk akun blogspot yang di tampilan tidak ada loginnya? Tidak ada jawaban yang sesuai dengan kasus yang saya alami. Ya, mungkin ini kasus yang jarang terjadi, sehingga hampir tidak ada postingan yang membicarakannya secara persis. .

Permasalahan teratasi ketika saya baca ebook panduan pembuatan blog dengan blogspot. Waktu itu saya persiapan memberikan contoh pembuatan blog kepada para yunior  (baca: anak didik) saya. Yang pada inti terpentingnya adalah, bahwa ketika kita akan membuat sebuah blog baru, maka ketik di kotak address, www.blogger.com. Di sana nanti akan ada dua option/pilihan. Masuk dan buat baru. Saya baru tersadar, owalah ternyata untuk membuka blog itu bisa lewat blogger dulu to?, kata saya dalam hati… Benar saja, pada kotak “Masuk” saya ketik nama email saya. Pada kotak “password” saya ketik passwordnya. Maka terbukalah, tampilan blog saya yang beberapa saat lamanya “tidak bisa” saya buka. 

Oke, lantas bagaimana kalau lewat "pintu" blogger tetep ndak bisa buka dashboar blogspot kita? Maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama, komputer yang kita pakai mungkin sedang bermasalah, yang kedua, menurut informasi yang saya tahu dari mbah google,  bisa jadi akun blogspot kita dibanned oleh penyedia, yakni oleh pihak google. Kenapa dibanned? Jawaban pastinya, wallahu a'lam, ada yang mengatakan, karena telah melanggar aturan dari google, atau karena dalam blog itu terlalu banyak copasnya, hehehe. Yaa, namanya juga blog gratisan..... 

Untuk mengecek, komputer kita bermasalah atau tidak, maka cobalah buka akun blogspot menggunakan komputer yang lain. Kalo ternyata memakai komputer lain kok bisa buka akun blogspot, maka sudah jelas, permasalahan ada pada komputer kita, hehehe.  Terus terang saya kemarin juga gitu, pas sedang mood pengin menambah tulisan di blogspot, ndilalah mo masuk aja susah banget. Saya coba beberapa kali, dengan merestart laptop dulu, dan juga menggunakan browser yang lain yakni IE (internet eksplorer), hasilnya sama, ndak bisa masuk dashboar blogspot kita.
Kemudian, esok harinya, habis subuh, karena masih dirundung penasaran. Saya pinjam laptop istri, saya buka akun blog saya,,,, lha kok bisa. Maka sudah jelas, permasalahan ada pada laptop saya. 
 
Setelah minta tolong mbah google, untuk mencari tahu jawaban dari permasalahan saya. Saya menemukan dech solusi lain. Coba periksa cache komputer yang kita pake. Ini kalau kita menggunakan Mozilla Firefox sebagai browsernya. Langkah-langkah untuk membuka atau memeriksa cache adalah sebagai berikut:


Silakan cari menu "tool" pada menubar jendela firefox. Pada submenu paling bawah terdapat "option", silakan itu diklik. Maka kemudian akan muncul kotak dialog option. Maaf, di sini saya ndak menampilkan sceenshotnya, males ngedit gambar, hehe. Pada kotak dialop option , terdapat menubar lagi, tepatnya ada 5 menu, silakan pilih "network" yang biasanya berada di tengah. Setelah itu klik "clear now" dan terakhir , klik ok. 

Setelah itu saya kembali membuka blogspot saya.. Berdebar juga nich.. Mak duaarrr....Alhamdulillah, dengan cara yang cukup sederhana and simpel ini saya kembali dapat masuk dashboar blogspot saya. 

Demikianlah, sedikit cerita tentang kesulitan membuka akun blog karena masih awamnya saya di bidang per-blog-an. Ternyata, solusinya sangat-sangat sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar